Minggu, 26 November 2017

Tugas 5

1.A. Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar dan yang tidak berorientasi pasar
Salah satu contoh perusahaan yang berorientasi pasar adalah  Unilever. Ada beberapa produk Unilever yang dipasarkan dengan orientasi pemasaran, antara lain adalah Daia dan Rinso.  Daia dan Rinso adalah dua ditergen ang diproduksi oleh Unilever akan tetapi keduanya memiliki segmentasi pasar yang berbeda, sehingga dengan menjual produk di dua segmen tersebut, pangsa pasar yang diraih juga akan semakin tinggi. Sedangkan contoh perusahaan yang tidak menggunakan orientasi pasar tidak ada karena Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. Orientasi pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan.
            B. Perusahaan yang akan berhasil dalam jangka waktu yang panjang
Menurut saya perusahaaan yang berhasil dalam jangkawaktu yang  panjang adalah perusahaan yang menerapkan orientasi pasar dalam menjalankan usahanya, karena seperti yang telah kita bahas diatas, orientasi pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk trus berkreasi dan menciptakan nilai unggul bagi para pelanggannya, dan orientasi pasar juga bisa membuat perusahaan lebih dekat dengan pasar.

2. Kejujuran dan integritas dalam bisnis mutlak diperlukan jika ingin usaha kita semakin maju. Jika konsumen dan mitra sudah mencium bau busuk kebohongan dan kedustaan dari diri kita, maka sudah tidak ada lagi yang bisa percaya sama kita. Sekeras apapun kita berusaha, jika sudah tercap sebagai penbisnis yang curang maka konsumen dan mitra pun akan menjauhi. Kalau itu sudah terjadi, maka kerugianlah yang pasti akan menjelang. Sedangkan jika kita jujur dalam berbisnis para konsumen akan percaya kepada kita dan akan menjadi langganan terhadap usaha kita. Misalnya seorang konnsumen sudah mempercayai usaha kita, maka konsumen tersebut akan memberitahukan keepada orang-orang disekitarnya, teman, keluarga dan lainnya. Secara otomatis pelanggan usaha kita akan makin banyak lagi. Oleh karena itu, kejujuran sangat penting dalam berbisnis.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar