1.A. Contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar dan yang tidak
berorientasi pasar
Salah satu contoh perusahaan yang berorientasi
pasar adalah Unilever. Ada beberapa produk
Unilever yang dipasarkan dengan orientasi pemasaran, antara lain adalah Daia
dan Rinso. Daia dan Rinso adalah dua ditergen ang diproduksi oleh
Unilever akan tetapi keduanya memiliki segmentasi pasar yang berbeda, sehingga
dengan menjual produk di dua segmen tersebut, pangsa pasar yang diraih juga
akan semakin tinggi. Sedangkan contoh perusahaan yang tidak menggunakan
orientasi pasar tidak ada karena Orientasi
pasar merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan
meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana
perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. Orientasi
pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terus
berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan.
B. Perusahaan yang akan berhasil dalam
jangka waktu yang panjang
Menurut saya perusahaaan yang berhasil dalam
jangkawaktu yang panjang adalah perusahaan yang menerapkan orientasi
pasar dalam menjalankan usahanya, karena seperti yang telah kita bahas diatas,
orientasi pasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen
untuk trus berkreasi dan menciptakan nilai unggul bagi para pelanggannya, dan
orientasi pasar juga bisa membuat perusahaan lebih dekat dengan pasar.
2. Kejujuran dan integritas dalam bisnis mutlak diperlukan
jika ingin usaha kita semakin maju.
Jika konsumen dan mitra sudah mencium bau busuk kebohongan dan kedustaan dari
diri kita, maka sudah tidak ada lagi yang bisa percaya sama kita. Sekeras
apapun kita berusaha, jika sudah tercap sebagai penbisnis yang curang maka
konsumen dan mitra pun akan menjauhi. Kalau itu sudah terjadi, maka kerugianlah
yang pasti akan menjelang. Sedangkan jika kita jujur dalam berbisnis para
konsumen akan percaya kepada kita dan akan menjadi langganan terhadap usaha
kita. Misalnya seorang konnsumen sudah mempercayai usaha kita, maka konsumen
tersebut akan memberitahukan keepada orang-orang disekitarnya, teman, keluarga
dan lainnya. Secara otomatis pelanggan usaha kita akan makin banyak lagi. Oleh
karena itu, kejujuran sangat penting dalam berbisnis.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar